StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

WhatsApp Bikin Kuota Internet Cepat Habis? Inilah Solusinya

Hampir bisa dipastikan, setiap orang yang menggunakan Smart Phone berbasis Android pasti menggunakan WhatsApp (WA). Aplikasi Mesengger Chat yang satu ini memang semakin difavoritkan setelah diakuisisi oleh Facebook.  Dengan  penambahan fitur video call dan layanan yang mendukung hampir semua jenis file, WA mampu mengalahkan pesaing terberatnya Blackberry Mesengger (BBM) dan Line Chat.
Namun, tahukah kamu jika menggunakan WhatsApp ternyata dapat membuat kuota internet cepat habis? 
Pemakaian WhatsApp ternyata dapat menguras kuota internet sehingga data yang kamu miliki cepat habis. Inilah penyebab dan bagaimana cara mengatasinya:
Fitur Download Otomatis
Bagi kamu pengguna WA, mungkin pernah mengalami kejadian dimana Galerry di phone cell mu tiba-tiba penuh dengan gambar, foto ,video atau dokumen lain. Dan kamu pasti merasa jengkel karena setiap hari harus menghapus file-file tersebut untuk mengurangi memori yang semakin penuh.
Jika kamu belum tahu, file-file tersebut berasal dari chat teman atau grup dimana kamu menjadi anggotanya. File-file tersebut masuk ke memori hp secara otomatis karena kamu mengaktifkan fitur Download Otomatis. Yang paling merugikan jika kamu mengaktifkan fitur download otomatis yaitu dapat menguras data internet.
Bayangkan saja, jika teman-temanmu doyan berbagi file, apalagi file dengan ukuran besar seperti video, maka tentu kamu akan cepat kehabisan data internet. Pasti jengkel, apalagi file-file yang masuk ke hp sama sekali bukan file yang kamu perlukan.
Untuk mengatasi permasalahan ini caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mematikan/non aktifkan fitur Download Otomatis di WA. Caranya sebagai berikut:
1. Masuk ke WA, lalu klik tab di pojok kanan atas, kemudian pilih “Setelan” atau “Setting”
2. Pilih “Penggunaan Data”
3. Akan tampil halaman “Penggunaan Jaringan”. Di sana terdapat tiga pilihan Download Otomatis yaitu “Saat Menggunakan Data Seluler”, “Saat tersambung ke Wi-Fi”, dan “Saat Roaming”.
4. Pilih “Saat menggunakan Data Seluler”. Kemudian setelah muncul pop up pilihan jenis file (Foto,Audio, Video, dan Dokumen), hilangkan semua tanda centang.
5. Lakukan langkah no 4 pada pilihan “Saat tersambung ke Wi-Fi” dan “Saat Roaming”


Update Aplikasi Otomatis
Penyebab lain cepat habisnya kuota data internet adalah fitur Update Aplikasi yang diseting secara otomatis. Jika kamu melakukan tindakan ini, maka setiap kali tersedia update dari setiap aplikasi yang digunakan, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan melakukan pembaharuan. 
Andaikan satu aplikasi saja melakukan pembaharuan dengan ukuran 20 Mb dan kamu memiliki 10 aplikasi, maka sudah 200 Mb data internet yang hilang. Apalagi jika kamu menggunakan aplikasi yang memiliki ukuran besar dan dalam jumlah yang banyak, maka data internet yang hilang bisa mencapai ratusan bahkan ribuan Mb. 
Cara mengatasi permasalahan ini cukup simpel, kamu tinggal mematikan fitur update aplikasi otomatis pada Google Play Store. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 
1. Masuk ke Play Store di Phone Cell mu.
2. Klik Menu di pojok kiri atas, kemudian pilih “Setelan” atau “Setting”.
3. Pilih “Update Aplikasi Secara Otomatis”
4. Setelah muncul pop up, pilih “Jangan Update Aplikasi Secara otomatis”

Catatan: Dengan mematikan fitur update otomatis, maka semua aplikasi tidak akan pernah diperbaharui. Untuk melakukan pembaharuan pada beberapa aplikasi yang diinginkan, kamu dapat memilihnya satu demi satu dengan masuk ke Play Store, kemudian pilih “Aplikasi dan Game Saya”. Maka akan muncul semua aplikasi yang terpasang termasuk aplikasi-aplikasi yang perlu diperbaharui. Pilihlah aplikasi yang sekiranya penting untuk diperbaharui.
Sebagai saran, jika kamu ingin memperbaharui semua aplikasi namun juga ingin menghemat data internet, maka kamu dapat melakukan pembaharuan aplikasi jika berada pada jaringan Wi-Fi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *