StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak dan Menggunakan Obat Apotik

Gusi bengkak memang sangat tidak nyaman dan menggangu aktivitas sehari-hari. Bagi anda yang sedang mengalami masalah gusi bengkak, sebelum anda mencari obat untuk mengatasinya, sebaiknya anda fahami dulu penyebabnya agar dapat mengobati gusi bengkak secara benar.

Pada umumnya, sakit pada bagian gusi disebabkan karena terjadi pembengkakan pada gusi itu sendiri. Pembengkakan ini seringkali disertai rasa sakit dan perih, terutama saat makan. Selain itu, terjadi perubahan warna gusi menjadi merah tua, dan terkadang disertai pendarahan, serta bau mulut yang meningkat.

Penyebab Gusi BengkakPenyebab gusi bengkak

Semua penyakit tentu ada sebabnya, begitu pun dengan gusi bengkak. Kondisi bengkak pada bagian gusi dapat disebabkan oleh banyak faktor, namun yang sering terjadi diantaranya sebagai berikut:

1. Penumpukan Plak pada Gigi

Pada umumnya pembengkakan gusi diakibatkan oleh plak yang menumpuk pada gigi. Penumpukan plak pada permukaan gigi akibat makanan dan minuman ini, dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri yang merusak gigi dan gusi.

2. Gingivitis

Penyebab lain gusi bengkak yaitu gingivitis atau radang gusi. Gingivitis merupakan imflamasi atau peradangan pada gusi akibat penumpukan plak dalam jumlah besar.

3. Iritasi

Iritasi pada bagian gusi dapat menyebabkan rasa pedih akibat permukaan gusi yang lecet dan bengkak. Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh kandungan pasta gigi yang tidak cocok, bulu sikat gigi yang terlalu kasar, obat-obatan, atau pemasangan kawat gigi.

4. Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi juga ternyata dapat menyebabka masalah pada gusi. Keadaan seperti ini biasanya terjadi saat kehamilan atau menjelang datang bulan pada wanita.

5. Tumbuh Gigi

Penyebab selanjutnya gusi bengkak yaitu saat tumbuhnya gigi. Biasanya, gigi yang tumbuh tidak sempurna dapat menggangu jaringan gusi sehingga menyebabkan peradangaan. Kondisi ini sebenarnya wajar, dan biasa dialami oleh sebagian orang.

6. Pemasangan Kawat Gigi

Pemasangan kawat pada gigi memang cukup beresiko apabila dilakukan secara tidak tepat. Tidak jarang kesalahan pemasangan kawat gigi dapat menyebabkan masalah serius pada gusi.

7. Gigi Berlubang

Seringkali orang yang mengalami sakit gigi karena gigi berlubang, juga merasakan nyeri yang parah pada bagian gusi. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan kuman yang menyebar hingga bagian gusi.

Hindari Makanan ini Saat Gusi Bengkak !

Jika anda sedang mengalami sakit gusi, cobalah untuk menggindari beberpa makanan yang justru akan memperparah sakit anda. Berikut ini beberapa makanan yang harus menjadi pantangan bagi penderita gusi bengkak:

# Makanan dan minuman dingin

Saraf pada gusi yang sedang mengalami pembengkakan akan lebih sensitif. Oleh karena itu, hindarilah makanan maupun minuman dengan suhu yang sangat dingin seperti es krim dan makan dari kulkas lainnya, karena dapat memeperparah sakit pada gusi.

# Makanan dan Minuman Asam

Lapisan pelindung gusi dapat terganggu saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman asam, terlebih saat sakit gusi. Cobalah berhenti sementara untuk tidak mengkonsumsinya, jika ingin sakit gusi anda cepat hilang.

# Gula

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula saat sakit gigi akan menimbulkan rasa sakit yang lebih parah. Hal ini diakibatkan karena gula sangat potensial bagi perkembangan kuman dan bakteri pada gigi dan gusi.

# Cuka

Jika makanan yang berasa asam alami seperti buah-buahan saja sangat berbahaya bagi gusi bengkak, apalagi cuka. Maka, hindarilah makanan yang berbahan cuka seprti empek-empek dan makanan lainnya.

Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Nah, jika anda sudah mengetahui penyebab sekaligus pantangan saat menderita sakit gusi bengkak, kini saatnya anda memilih cara mengobati gusi bengkak yang tepat.

Gusi bengkak sebanrnya termasuk penyakit ringan yang tidak memerlukan pengobatan mahal dan berkepanjangan. Untuk mengatasi penyakit ini, anda dapat mengobatinya secara alami dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

1. Air Garam

Menobati gusi bengkak secara alamiGaram memang sudah terbukti sangat ampuh dalam mengatasi sakit gigi dan gusi. Kandungan yodium dalam garam terbukti efektif membasmi kuman dan bakteri jahat pada area gigi dan gusi.

Untuk mengobati gusi bengkak, ambilah 1 sdm garam, tuangkan pada segelas air hangat, lalu pakailah berkumur. Setelah berkumur biasanya sakit akan segera reda. Lakukan berkumur memakai air garam ini setiap rasa sakit pada gusi muncul kembali.

2. Madu

Madu memang terkenal sebagai antiseptik alami yang dapat mengusir bakteri dan kuman pada kulit, termasuk gusi. Untuk meredakan sakit pada gusi anda, cukup oleskan madu pada bagian gusi yang sakit, lakukan 3 kali sehari dan gusi anda segera sembuh.

3. Bawang Merah

Bawang merah mengandung zat yang dapat mengatasi bengkak pada gusi. Namun terkadang orang tidak suka dengan rasa dan baunya yang menyengat. Jika anda mau menggunakan bawang merah sebagai obat gusi, anda cukup menghaluskan 1 siung bawang merah, lalu oleskan pada gusi yang bengkak.

4. Minyak Cengkeh

Mengobati gusi bengkak juga dapat dilakukan dengan menggunakan minyak cengkeh. Jika anda ingin menggunakan minyak cengkeh pada gusi, maka anda harus tahan dengan rasa panas yang ditimbulkannya. Caranya, cukup oleskan sedikit minyak cengkeh pada bagian gusi yang bengkak, lakukan 2 atau 3 kali sehari.

5. Daun Jambu

Kandunagan anti bakteri dan analgesik dalam daun jambu biji selain ampuh mengatasi  diare, juga bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak. Ambilah beberapa lembar daun jambu biji, rebus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air rebusan berkurang menjadi setengahnya. Lalu, pakailah untuk berkumur. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

6. Jahe

Jahe memiliki kandungan anti bakteri dan kuman yang cukup baik untuk meredakan gusi bengkak. Haluskan jahe dengan cara diparut, lalu oleskan pada bagian gusi yang bengkak. Atau, anda juga bisa merebusnya untuk dipakai berkumur.

7. Kantung Teh

Cara mengobati gigi bengkak yang terakhir yaitu dengan menggunakan kantung teh celup. Kantung teh mengandung tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Tempelkan kantung teh yang telah dipakai pada gusi, diamkan 5-10 menit, dan lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

Mengobati Gusi Bengkak dengan Obat Apotik

Jika anda enggan melakukan pengobatan gusi bengkak dengan bahan-bahan alami seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka anda bisa menggunakan obat gusi bengkak yang tersedia di apotik. Berikut ini beberapa obat apotik yang cukup ampuh untuk mengatasi gusi bengkak.

# Asam Mefenamatmengobati sakit gigi dengan obat apotik

Asam Mafenamat dikenal juga sebagai nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) yang memiliki khasiat untuk mengurangi rasa nyeri. Selain digunakan untuk mengurangi sakit gigi dan kepala, obat ini juga ampuh untuk meredakan sakit pada gusi bengkak.

# Cataflam

Obat gusi bengkak yang mujarab lainnya yaitu Cataflam. Dengan kandungan declofenat di dalamnya, Catflam sangat ampuh menghilangkan rasa nyeri pada gusi yang bengkak.

# Antalgin

Obat gusi apotik terakhir yang berkhasiat menghentikan peradangan pada gusi yaitu antalgin. Antalgin biasa digunakan masyarakat untuk mengurangi rasa sakit pada waktu sakit gigi. Namun tidak hanya itu, obat ini juga dapat dikonsumsi untuk menghilangkan sakit gusi bengkak.

Cara Mencegah Gusi Bengkak

Baiklah, jika gusi anda sudah sembuh, maka jangan biarkan lagi gusi anda bengkak lagi. Lakukan beberpa hal ini untuk mencegah timbulnya gusi bengkak:

  • Jaga pola makan dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur
  • Gunakan pasta gigi yang cocok dengan gusi
  • Lakukan gosok gigi secara teratur, terutama sebelum tidur
  • Hindari alkohol dan rokok
  • Gunakan benang gigi yang steril saat membersihkan sela gigi
  • Hindari stres

Itulah cara mengobati gusi bengkak dengan pengobatan alami dan menggunakan obat apotik yang mungkin dapat membantu anda. Yang terpenting, menjaga kesehatan gigi dan gusi akan lebih baik ketimbang sibuk mencari obat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *