StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

Siapa Marlene Dietrich Sosok di Google Doodle yang Jadi Trending Topik?

 Marlene Dietrich menjadi trending topik di Google sejak kemunculan sosoknya di Google Doodle pada Rabu 27 Desember 2017. Sampai tulisan ini buat, pencarian dengan kata kunci “Marlene Dietrich” pada Google Search Engine lebih dari 2 juta penelusuran.

Lalu, siapakah Marlene Dietrich, sosok berambut pirang dengan tuksedo di bawah gemerlap lampu panggung yang ditampilkan Google Doodle itu?

Marlene Dietrich adalah aktris sekaligus penyanyi yang populer pada tahun 1920-an hingga 1930-an. Dia dilahirkan di Berlin Jerman pada 27 Desmber 1901 dan meninggal di Paris Prancis pada 6 Mei 1992 dalam usia 90 tahun.

Pada masa hidupnya,  aktris  yang memiliki nama lengkap Maria Magdalene Dietrich ini tercatat telah membintangi puluhan film Hollywood yang laris pada waktu itu.

Karir Marlene mulai menembus dunia internasional sejak membintangi film pertama yang menggunakan suara Der Blaue Engel yang dirilis di Jerman pada 1930.

Untuk mengembangkan karirnya, Dia pergi ke Amerika dan berhasil membintangi sejumlah film terkenal seperti Morocco, Shanghai Express, dan The Devil Is a Woman. Pesonanya yang gelamor, membuat dirinya menjadi super star dengan bayaran termahal pada masanya.

Selain terkenal karena kepiawaian dalam berakting dan menyanyi, Marlene Dietrich juga dikenal luas dunia berkat keterlibatannya dalam berbagai aksi kemanusiaan, khususnya pada masa Perang Dunia II.

Saat perang dunia II terjadi, Marlene Dietrich resmi menjadi warga negara Amerika Serikat dan aktif menentang paham Nazi pimpinan Adolf Hitler. Ia pun sempat dibujuk untuk membintangi film Nazi dan kembali ke Jerman oleh Hitler, namun ia menolaknya.

Sebaliknya, Ia justru aktif membantu pemerintah Amerika membuat film-film propaganda anti Nazi. Dan film-film yang dibintanginya itu kemudian dilarang beredar di Jerman.

Karir wanita yang pernah dinobatkan sebagai salah satu Greatest Female Stars of All Time oleh American Film Institute ini mulai meredup pada 1970-an., setelah dirinya mengalami kecelakaan saat tampil di Sidney, Australia, yang menyebabkan pahanya patah.

Pada tanggal 6 Mei 1992 Marlene Dietrich meninggal dunia di rumahnya di Paris Prancis pada usia 90 tahun karena gagal ginjal. Upacara pemakamannya dihadiri lebih dari 1.500 orang, termasuk diantaranya duta besar Amerika, Jerman, Rusia, Inggris, dan negara-negara lain.

Dalam surat wasiat yang ditulisnya semasa hidup, Marlene menginginkan makamnya dipindahkan ke tempat kelahirannya di Berlin jika Tembok Berlin telah runtuh. Dan pada 16 Mei, jasadnya pun dikebumikan di samping makam ibunya di Berlin.

Pada tahun 2002, pemerintah Jerman secara resmi menjadikan Marlene Dietrich sebagai warga kehormatan dan ditulis dalam sebuah pelakat dengan tulisan “Bintang film dan penyanyi dunia asal Berlin yang memiliki dedikasi pada kebebasan dan demokrasi di Berlin dan Jerman”.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *