StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

Konsumsi Gula Jawa di Musim Hujan, Jaga Kondisi Tubuh Tetap Bugar

Curah hujan yang tinggi biasanya menyebabkan cuaca yang sangat dingin. Suhu udara yang sangat rendah dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang virus dan bakteri.

Seseorang yang telah terserang flu biasanya mengalami gangguan pada saluran pernapasan, sakit tenggorokan, sering bersin, hidung mengeluarkan ingus, dan badan terasa pegal-pegal. Kondisi seperti itu tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ketika musim hujan tiba, sangat penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kodisi tubuh. Banyak cara untuk menjaga tubuh tetap bugar, misalnya olah raga yang teratur, mengatur pola makan, istirahat yang cukup,  dan mengkonsumsi vitamin.

Cara lain untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil adalah dengan mengkonsumsi gula jawa. Gula jawa merupakan obat alami yang telah dipercaya sejak dulu dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Gula jawa dapat dikonsumsi secara langsung paling tidak 5 gram setiap harinya. Selain itu, gula jawa pun dapat dicampur dengan bahan lain seperti, teh, kunyit, dan jahe.
Mengkonsumsi gula jawa saat musim hujan sangat dianjurkan karena beberapa khasiat ini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berbagai penelitian membuktikan bahwa kekebalan tubuh kita cenderung menurun saat cuaca dingin. Pada suhu yang rendah, Sel-sel tubuh akan mengalami gangguan dalam melakukan imunitas sehingga virus dan bakteri yang menyerang tubuh mudah menyebar.

Kandungan nutrisi dan antioksidan pada gula jawa sangat efektif untuk menjaga kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh penurunan suhu udara seperti flu, pilek, batuk, dan penyakit lainnya.

Meningkatkan Fungsi Paru

Seringkali kita mengalami gangguan kesehatan seperti batuk, sesak nafas, pilek, dan sakit tenggorokan saat musim hujan tiba, terutama pada anak-anak dan lansia.
Hal ini disebabkan karena sistem kerja paru yang melemah akibat suhu tubuh yang menurun drastis. Maka, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan.

Mengkonsumsi gula jawa selama musim hujan dapat membantu mencegah gangguan pernafasan dan menyehatkan paru-paru. Selain itu, gula jawa juga mengandung antihistamin (antialergi) yang dapat mencegah batuk, demam, dan pilek selama musim hujan.

Mengatasi Nyeri Sendi

Penderita nyeri sendi dan otot akan mengalami peningkatan rasa sakit yang begitu hebat selama musim hujan. Hal ini diakibatkan kerana suhu yang rendah dapat menghambat sirkulasi darah.

Mengkonsumsi sepotong kecil gula jawa secara teratur terbukti dapat meningkatkan suhu tubuh dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada persendian.

Ya, Itulah beragam khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi gula jawa saat musim hujan yang mungkin belum banyak diketahui.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *