StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

Kenali 5 Gejala Kanker Paru-Paru yang Paling Sering Terjadi

Mengenali gejala kanker paru-paru sejak dini adalah langkah terbaik supaya kanker yang diderita mendapatkan penanganan yang tepat. Karena jika tidak, kanker paru-paru sangat berbahaya bahkan dapat menimbulkan kematian.

Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi yang diakibatkan karena terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dalam paru.

Kanker paru-paru dapat menyerang siapapun, laki-laki- maupun wanita. Namun berdasrkan data Organisasi kesehatan Dunia (WHO), kanker ini lebih banyak menyerang kaum laki-laki. Selain itu, kanker ini juga lebih banyak diderita oleh orang dengan usia di atas 40 tahun.

Gejala Kanker Paru-paru

Penderita kanker paru-paru di dunia semakin bertambah jumlahnya. Salah satu penyebab pertambahan ini karena para penderita tidak menyadari gejala awal kanker paru yang diderita. Akibatnya, sebagian besar dari mereka terlambat pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan kanker paru-paru sejak dini. Berikut ini gejala kanker paru-paru yang mungkin sering tak disadari

Batuk Darah

Batuk disertai darah merupakan gejala paling umum ditemukan pada penderita kanker paru-paru. Batuk berdarah biasanya diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah pada Alveolus, dimana Alveolus sendiri merupakan saluran dalam paru-paru yang berfungsi melakukan pertukaran oksigen (O2) dan Karbondioksida (CO2).

Nyeri Dada

Dada terasa sakit seperti ditindih memang umumnya gejala serangan jantung. Namun kondisi nyeri dada yang menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti bahu dan lengan, ini pun biasa terjadi pada orang yang menderita kanker paru-paru.

Sering lelah

Rasa lelah yang berlebihan dan diikuti berkurangnya nafsu makan, serta berat badan yang semakin menurun, juga merupakan salah satu gejala kanker paru-paru. Jika anda mengalami kondi seperti itu, untuk memastikannya alangkah baik segera memerikasakan diri ke dokter.

Kesulitan Menelan

Kesulitan dalam menelan mungkin sudah menjadi gejala umum radang tenggorokan atau kanker mulut. Namun, jangan anggap remeh jika kondisi tersebut terjadi terus-menerus, karena dikhawatirkan merupakan salah satu gejala kanker paru-paru.

Batuk tanpa Henti

Batuk merupakan penyakit biasa yang sering dialami akibat perubahan cuaca atau daya tahan tubuh yang sedang menurun. Cara mengoabati batuk pun terbilang tidak sulit, baik menggunakan obat alami maupun dengan obat apotik. Namun jika anda mengalami batuk yang terus-menrus dan tidak bisa diobati, segeralah periksakan ke dokter karena batuk yang seperti itu merupakan gejala umum kanker paru-paru.

Itulah beberapa gejala umum yang biasa terjadi pada penderita kanker paru-paru, sebenarnya masih banyak gejala lain yang terkadang tidak sama dirasakan oleh setiap orang. Mengingat kanker paru-paru merupakan penyakit yang sangat serius, untuk memastikan apakah anda menderita kanker ini atau tidak, tindakan yang paling dianjurkan adalah segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *