StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

“Eta Terangkanlah” Mendadak Viral, Inilah Makna Sebenarnya

“Eta Terangkanlah”, sebuah fenomena yang sedang hangat mewarnai jagat maya tanah air. Setelah “Om Telolet”, kini istilah “eta terangkanlah” menjadi sangat viral dan disambut antusias oleh para netizen.
Fenomena “eta terangkanlah” kerap kali membanjiri berbagai status, percakapan, maupun komentar para netizen di media sosial. Tak jarang, para netizen juga menggunakan istilah tersebut dalam percakapan di dunia nyata.
Istilah “eta terangkanlah” mendadak viral setelah seorang youtuber dengan akun “TheBokersGaming” mengunggah sebuah vedeo yang menampilkan 3 orang laki-laki sedang berjoget, diiringi plesetan lagu “Khusnul Khotimah” miliki penyanyi religi, Opik.
Sebuah sumber mengatakan bahwa sebenarnya 3 orang pria yang terdapat dalam video tersebut tidak menyanyikan lagu eta terangkanlah. Video tersebut diambil secara diam-diam, kemudian didubing dengan lagu eta terangkanlah oleh seorang youtuber yang tidak diketahui identitasnya.
Makna Sebenarnya “Eta Terangkanlah”
Jika dilihat dari kata aslinya dalam lagu “Khusnul Khotimah”, yang dipelesetkan adalah kata “terangkanlah”.  Kata “terangkanlah” dalam lagu tersebut memiliki makna harapan/doa/meminta untuk diberikan cahaya/pencerahan.
Dalam lagu plesetannya kata “terangkanlah” ditambah menjadi “eta terangkanlah”. Frase ini terkesan aneh, karena menggabungkan dua kata dalam bahasa yang berbeda yaitu Sunda dan Indonesia.
“Eta” merupakan kata penunjuk dalam bahasa sunda yang artinya sama dengan “itu”. Orang Sunda biasa menggunakannya untuk menunjukan sesuatu, misal: eta dina luhur meja (itu di atas meja).
Sedangkan “terangkanlah” merupakan kata dalam bahasa Indonesia yang maknanya sama dengan “jelaskanlah”. Kata ini menunjukan perintah untuk memberikan penjelasan, misal: terangkanlah persoalannya!

Kata “terangkanlah” juga bisa bermakna perintah/permintaan untuk memberikan penerang. Penerang dapat berupa hal yang abstrak maupun nyata. Dalam lagu Opik penerang yang dimaksud adalah sesuatu yang abstrak yaitu hidayah. Sedangkan penerang dalam hal yang nyata (konkrit) misalnya lampu. 

Eta terangkanlah jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka menjadi “itu terangkanlah” sama dengan itu jelaskanlah, yang memiliki arti perintah menjelaskan sesuatu. 
Itulah penjelasan makna eta terangkanlah jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu, khususnya bagi kamu yang bukan berasal dari Sunda dan masih bingung dalam memaknai kalimat yang sedang viral tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *