StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

Dropship Bukalapak, Cara Sukses Bisnis Tanpa Modal

Dropship Bukalapak Sangat Menjanjikan

Bukalapak merupakan online market place atau mall online paling terkemuka di Indonesia. Dengan lebih dari 2 juta kunjungan setiap harinya, dan lebih dari 800 ribu pelapak (penjual) yang bergabung, membuat Bukalapak semakin jauh meninggalkan para kompetitornya.

Bukalapak tidak hanya memberikan kesempatan bagi para pemilik (seller) produk yang memiliki modal besar saja untuk menjajakan produknya, namun orang tanpa modal sepeser pun dapat meraup keuntungan yang besar dengan bergabung sebagai dropsip Bukalapak.

Lha kok bisa, tanpa modal bisa berjualan di Bukalapak? Jawabnya bisa dan sangat mudah, yaitu dengan sitem dropship. Sistem ini merupakan jual beli yang melibatkan tiga pihak, seller (pemilik produk), Dropshiper (perantara),dan Konsumen (pembeli).

Dengan kata lain, dropshipper adalah orang yang menjual produk milik seller kepada konsumen. Seorang Dropshipper mendapat keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan produsen dengan harga jual ke konsumen.

Bisnis dropship Bukalapak memang bukan sebuah hal yang baru, ratusan bahkan ribuan orang telah melakukannya sejak lama. Namun, bagi kamu yang baru ingin menekuninya, tak ada salahnya mempelajari beberapa hal teknis ini supaya menjadi dropshipper sukses.

Langkah-Langkah Bisnis Dropship Bukalapak

Buatlah Lapak yang Menarik dan Profesional

Jika kamu berminat menjadi dropshipper di Bukalapak, langkah pertama adalah membuat lapak atau toko dengan akun yang telah kamu miliki sebelumnya.

Buatlah lapak dengan nama yang singkat, unik, mudah diingat, dan tentu berkaitan dengan produk yang akan kamu jual. Jangan lupa tambahkan logo dan banner cover tokomu semenarik mungkin.

Tentukan Jenis ProdukĀ 

Tentukan jenis produk yang akan kamu jual. Penting diperhatikan, lebih baik pilih satu atau dua jenis produk saja supaya tokomu lebih fokus dan memiliki ciri khas. Sehingga konsumen dengan mudah berlangganan di tokomu.

Carilah produk yang paling banyak dicari dan dibeli konsumen di Bukalapak. Untuk mendapatkannya, kamu bisa lihat di pencarian terpopuler.

Hubungi Seller yang Terpercaya

Jika kamu telah menentukan jenis produk yang akan kamu jual, misalnya jaket, sepatu, dan jam tangan. Segeralah hubungi seller atau penjual produk tersebut. Kamu bisa menghubunginya lewat Chat Pelapak. Mintalah persetujuan seller bahwa kamu berminat menjadi dropshipper produknya.

Saya sarankan pilihlah seller dengan reputasi baik. Seberapa baik reputasi seorang seller di Bukalapak dapat di lihat dari beberapa aspek berikut:

  • Jumlah pelanggan
  • Jumlah pesanan yang diterima
  • Feedback dari konsumen
  • Ulasan konsumen tentang produk yang dijual
  • Seberapa sering dia aktif di lapaknya (lihat last log in)

Mulailah Promosi Produk

Langkah ini kamu lakukan setelah mendapat persetujuan dari seller yang kamu hubungi. Segeralah promosikan produk yang kamu jual. Kamu bisa ambil gambar dan berbagai spesifikasi produk dari lapak seller. Manfaatkanlah media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram agar produk kamu cepat dikenal.

Perhatikan Proses Transaksi

Point terakhir ini sangat penting, karena jika kamu tidak hati-hati dengan proses transaksi yang dijalankan, kamu bisa saja rugi atau produkmu tidak ada yang membeli.

Pertama, buatlah alamat lapak/tokomu satu lokasi yang sama dengan seller. Misalnya seller-nya di Jakarta, maka alamat lapakmu juga harus berlokasi di Jakarta. Kenapa ini penting, tujuannya untuk menyamakan ongkos kirim.

Kedua, mintalah kepada seller setiap pengiriman produk ke konsumen menggunakan Brand/nama tokomu. Cara ini akan meyakinkan pembeli jika barang yang dikirim berasal dari toko kamu.

Bagaimana, sangat mudah bukan menjadi dropship di Bukalapak yang telah saya jelaskan di atas? Jika kamu tertarik, dan telah memiliki peluang yang cocok, jangan lewatkan kesempatan meraup keuntungan dengan sistem dropship di Bukalapak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *