StartupTemukan peluang usaha terbaru di tahun 2018

Terbukti! Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Cepat dan Aman

Memilik wajah yang putih dan bersih merupakan dambaan setiap orang baik wanita maupun pria. Maka tak heran jika setiap orang selalu berusaha keras untuk dapat memutihkan wajah nya.

Beragam cara pun ditempuh untuk memiliki wajah yang putih, mulai dari cara alami hingga perawatan modern dengan biaya yang sangat mahal. Banyak yang berhasil, namun tak sedikit juga yang gagal, bahkan berakibat fatal pada kesehatan kulit wajahnya.

Ya, wajah memang sangat penting. Kalau tubuh ini diibaratkan sebuah toko, maka wajah adalah etalasenya. Namun, untuk memiliki wajah yang cantik, bukan berarti juga kita harus melakukan cara-cara instan yang justru berakibat buruk pada wajah.

Iangat! Cantik itu tidak harus mahal.

Salah satu cara memutihkan wajah yang sampai saat ini menjadi favorit karena minim efek samping yaitu perawatan wajah dengan bahan-bahan alami. Selain bahan-bahannya mudah di dapat dan mudah dibuat, perawatan ini juga tidak menguras dompet.

Baiklah, dalam artikel kali ini, cairkan.com akan mencoba membahas bagaimana cara memutihkan wajah secara alami dengan cepat dan aman. Mungkin salah satu cara perawatan wajah dalam artikel ini dapat menjadi pilihan yang sesuai bagi anda. Selamat membaca!

Penyebab Kulit Gelap dan Kusam

Warna kulit yang gelap dan kusam ternyata diakibatkan karena adanya proses pigmentasi pada kulit itu sendiri. Pigmentasi ini bisa diakibatkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu proses penuaan, faktor genetik, dan pola hidup yang tidak sehat.

penyebab_kulit_kusam_dan_gelap

Genetik

Orang yang lahir di tengah-tengah keluarga kulit hitam biasanya memiliki warna kulit yang sama. Faktor ini tidak bisa diubah. Namun jangan khawatir, yang dimaksud memutihkan wajah dalam artikel ini bukanlah merubah warna kulit, tetapi lebih pada merawat kulit wajah supaya lebih bersih dan bercahaya.

Usia

Ya, bertambahnya usia memang faktor alami yang menyebabkan kulit wajah menjadi lebih gelap dan terlihat kusam, kurang bercahaya. Proses penggelapan kulit yang terjadi karena penuaan ini disebabkan berkurangnya produksi kolagen dalam kulit.

Pola Hidup Tidak Sehat

Selain usia dan dan faktor genetik, hal lain yang menyebabkan kulit wajah menjadi gelap dan kusam yaitu pola hidup yang tidak sehat.

Agar memiliki wajah yang cantik dan memiliki aura positif, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk seperti pola makan yang tidak sehat, tidur tidak teratur, dan penggunaan make up yang berlebihan.

Kebiasaan Sehat yang Membantu Memutihkan Wajah

Wajah yang putih dan cerah tidak hanya diperoleh dengan melakukan perawatan alami saja. Ternyata faktor kebiasaan hidup sehat juga sangat penting dalam proses pemutihan kulit, khususnya kulit wajah.

Berikut ini beberapa kebiasaan positif yang terbukti sangat baik membantu proses memutihkan wajah sekaligus menjaga kulit tetap mulus dan kencang.

Kebiasaan Sehat yang Membantu Memutihkan Wajah

Mencuci Wajah

Salah satu penyebab kulit wajah menjadi kusam yaitu kekeringan. Mencuci wajah minimal dua kali sehari selain membantu melembabkan kulit, juga membantu eksfoliasi.
Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan sel kulit tua dan menggantinya dengan kulit baru yang lebih segar dan cerah. Proses ini dapat dipercepat dengan mencuci wajah secara teratur.

Tidur Yang Cukup

Tidur larut malam atau yang lebih dikenal dengan istilah begadang merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, tidur yang cukup sangat baik dalam membantu tubuh melakukan proses restorasif untuk regenerasi sel dan memperbaiki diri.

Jika anda ingin memiliki wajah yang putih dan cantik, hindarilah kebiasaan tidur larut malam karena dapat merusak penampilan wajah anda. Orang yang sering begadang biasanya memiliki kulit wajah yang pucat, bersisik, dan lingkaran mata yang hitam dan kendur.

Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup minimal 8 gelas/2 liter setiap hari sangat baik untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi sangt berdampak buruk pada kulit. Hal ini disebabkan kurangnya asupan air yang dapat membantu peredaran darah ke kulit wajah. Orang dalam kondisi ini biasanya terlihat pucat dan sakit-sakitan.

Dehidrasi kulit sendiri ada 3 macam, yaitu dehidrasi dermal, efidermal, dan keduanya. Dehidrasi dermal ditunjukan dengan kulit keriput dan kendur. Sedangkan Dehidrasi efidermal biasanya ditunjukan dengan munculnya garis-garis halus pada kulit.

Mengkonsumsi Vitamin

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk memperoleh asupan vitamin C yang cukup, anda dapat menemukannya pada buah-buahan seperti jeruk, strawberi, jambu biji dan yang lainnya.

Selain vitamin C, jenis vitamin lain yang juga memiliki manfaat untuk perawatan kulit adalah vitamin A dan E. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kulit tetap lembab, sedangkan vitamin E bermanfaat untuk membersihkan kulit dan menghindari penuaan dini.

Olahraga

Olahraga terbukti memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali kesehatan kulit. Kegiatan olahraga dapat memacu metabolisme tubuh sehingga suhu tubuh meningkat. Pada kondisi seperti ini kulit akan mengeluarkan keringat yang banyak. Keringat yang keluar dari kulit akan mendorong kotoran yang menumpuk dalam pori-pori.

Di samping itu, olahraga juga sangat baik untuk membantu sirkulasi oksigen dalam darah. Sirkulasi darah yang baik pada kulit akan menjaga kulit tetap lembab, segar, dan cerah.

Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Jika anda ingin memiliki wajah yang cantik, maka hindarilah minumal beralkohol. Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, ternyata alkohol juga dapat merusak kecantikan kulit.

Lihat saja, orang yang sering minum alkohol, wajahnya merah, kusam dan berminyak. Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan psorias, yaitu proses pergantian kulit yang terlalu cepat.

Hindari Asap Rokok

Satu lagi yang harus anda hindari jika ingin memiliki kulit sehat, yaitu asap rokok. Selain berbahaya bagi orang yang mengkonsumsinya, ternyata asap rokok juga sangat berbahaya bagi orang orang di sekitarnya.

Asap rokok tidak hanya merusak organ pernafasan namun juga berbahaya bagi kulit. Hindarilah lingkungan dengan asap rokok, atau jika anda seorang perokok, berhentilah mulai sekarang.

Cara Mencerahkan dan Memutihkan Wajah Secara Alami

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tulisan ini akan membahas berbagai cara memutihkan wajah secara alami. Selain aman bagi kesehatan, cara alami ini juga tidak membutuhkan biaya besar.

Sebenarnya banyak cara alami untuk merawat wajah supaya terlihat putih dan bersih. Namun dalam pembahasan kali ini, cairkan.com hanya akan menjelaskan perawatan kulit wajah menggunakan bahan alami yang mudah didapat seperti buah, sayur, dan bahan lainnya.

memutihkan wajah dengan buah

Memutihkan Wajah dengan Buah-Buahan

Buah-buahan selain terkenal enak dikonsumsi ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Berikut ini jenis buah-buahan yang terbukti sangat membantu dalam proses pemutihan kulit.

Alpukat

Buah yang memiliki nama latin Apokat ini mengandung vitamin C dan E yang baik untuk merawat kulit wajah. Selain baik untuk dikonsumsi langsung, alpukat juga dapat dijadikan bahan masker pemutih wajah.

Berikut ini cara memutihkan wajah dengan masker buah alpukat:

  • Siapkan 1/2 buah alpukat yang sudah matang
  • Ambil bagian daging buah alpukat
  • Haluskan daging buah yang telah disipkan dalam mangkuk
  • Tambahkan 2 sendok minyak almond atau minyak zaitun. Aduk sampai rata.
  • Oleskan masker pada wajah secara merata.
  • Biarkan hingga 15 menit
  • Bersihkan dengan air hangat. Lembabkan wajah dengan air dingin.
  • Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

Tomat

Selain enak dibikin jus, ternyata Kandungan vitamin C dan E dalam buah tomat bermanfaat untuk mencerahkan dan melembabkan kulit wajah. Anda dapat membuat masker dari bahan dasar tomat seperti berikut:

  • Siapkan buah tomat yang masih segar, lalu potong menjadi 2 bagian.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu
  • Gosokan potongan tomat pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bersihkan dengan air hangat.

Cara lain membuat masker pemutih wajah dengan buah tomat dapat dilakukan dengan menghaluskan tomat menggunakan blender, kemudian mengoleskannya ke bagian wajah.

Lemon

Lemon memang terlalu masam untuk dikonsumsi. Namun siapa sangka buah yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Kandungan nutrisi, vitamin C, dan potanium dalam buah lemon terbukti dapat membantu melenyapkan minyak pada wajah.

Disamping itu, buah lemon juga dapat membantu mencerahkan wajah, mengurangi jerawat dan komedo serta dapat mengcilkan pori-pori kulit wajah.

Menggunakan buah lemon untuk merawat kesehat wajah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Ambil 1 buah lemon segar
  • Potong tipis menjadi beberapa bagian
  • Cuci wajah dengan air bersih
  • Gosokan secara merata pada kulit wajah
  • Diamkan kurang lebih 20 menit
  • Bilas dengan air hangat untuk membersihkan wajah anda.

Penting! jangan kaget kalau terasa gatal dan pedih saat pertama kali menggunakan masker lemon. Itu disebabkan karena lemon memiliki asam yang tinggi. Jangan terlalu sering menggunakan masker buah lemon, cukup satu kali seminggu.

Jeruk Nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga memilik kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga tak heran jika rasanya sangat masam. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk mengangkat kotoran pada pori-pori dan menghilangkan minyak pada wajah.

Untuk membuat masker dari jeruk nipis, anda dapat melakukannya seperti membuat masker dari buah lemon. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu sering menggunakan masker ini karena akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah yang disebabkan kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis.

Memutihkan Wajah Dengan Sayuran

Tidak hanya buah-buahan yang memiliki khasiat ampuh untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, sayuran juga memiliki khasiat yang tidak kalah hebat.

Sayur-sayuran merupakan jenis makanan yang paling baik dikonsumsi karena kandungan berbagai nutrisi dan vitamin di dalamnya. Disamping baik untuk dikonsumsi, sayuran juga dapat dijadikan bahan dasar perawatan kulit, terutama kulit wajah.

memutihkan wajah dengan sayuran

Kentang

Kentang memiliki kandungan mineral seperti sulfur, kalium, dan fosfor yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit. Kolagen dan elastin merupakan protein yang berguna untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Menggunakan kentang sebagai bahan pemutih wajah alami dapat dilakukan dengan membuat masker kentang. Berikut cara membuat masker dari kentang:

  • Ambil satu kentang yang masih segar dan kupas kulitnya
  • Haluskan kentang dengan cara diparut
  • Tambahkan 2 sendok madu asli pada parutan kentang. Aduk merata.
  • Oleskan pada permukaan kulit wajah secara merata
  • Tunggu hingga 20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat.

Mentimun

Mentimun atau ketimun memang terkenal sebagai salah satu pelembab wajah alami terbaik sejak dulu. Bahkan beberapa merek ternama produk kecantikan kulit menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya.

Kandungan vitamin A dan C serta berbagai nutrisi pada mentimun terbukti dapat membantu meningkatkan kolagen dalam kulit. Selain dapat melembabkan kulit wajah, potongan mentimun yang ditaruh pada kedua mata dapat menghilangkan lingkaran hitam di kelopak mata.

Jika anda ingin menggunakan masker mentimun, berikut cara membuatnya:

  • Sediakan mentimun yang segar dan telah dicuci
  • Haluskan mentimun dengan diblender atau diparut
  • Peras air mentimun, dan taruh dalam mangkuk
  • Tambahkan madu secukupnya. Aduk sampai merata.
  • Usapkan pada wajah, dan tunggu sampai mengering
  • Bilas menggunakan air bersih

Bengkoang

Sama halnya dengan mentimun, bengkoang juga sudah sangat populer di dunia kecantikan karena manfaatnya yang begitu luar biasa.

Kandungan vitamin C dan serat pada bengkoang mampu membuat kulit menjadi putih dan bersinar. Selain itu, anti oksidan pada bengkoang mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit. Kandungan zat besi, kalium, dan potasium pada bengkoang juga sangat ampuh menjaga kulit tetap halus dan segar.

Salah satu perawatan kulit wajah menggunakan bengkoang dapat dilakukan dengan membuat masker bengkoang. Berikut ini cara membuatnya:

  • Kupas kulit bengkoang kemudian cuci bersih
  • Haluskan bengkoang dengan blender atau diparut
  • Peras air bengkoang dan endapkan dalam wadah
  • Pisahkan endapan sari bengkoang dengan cara disaring menggunakan kain kasa
  • Gunakan endapan bengkoang sebagai masker pada wajah

Lobak

Sayuran yang satu ini memang belum cukup populer sebagai pemutih wajah alami. Namun demikian, ternyata lobak memiliki manfaat yang baik untuk perawatan wajah.

Kandungan vitamin C pada lobak dapat membantu memutihkan dan menjaga kulit wajah tetap segar. Lobak juga mengandung mineral seperti zink, fosfor, kalsium, mangan, dan zat besi yang baik untuk menjaga kulit tetap bersih, halus dan kencang.

Anda dapat membuat masker pemutih wajah menggunakan lobak dengan cara sebagai berikut: pertama, ambil buah lobak segar, kemudian haluskan dengan cara diparut. Peras air parutan lobak dan tambahkan 1 sdm madu asli. Oleskan masker lobak pada wajah secara merata. Lakukan setiap hari untuk hasil terbaik.

Susu dan Madu Sebagai Pemutih Alami

Selain buah dan sayur, salah satu bahan lain yang dapat membantu memutihkan wajah secara alami yaitu campuran susu dan madu. Susu dan madu menganduk banyak sekali mineral yang berguna bagi kulit.

Manfaat susu bagi kulit wajah diantaranya yaitu melembutkan dan memutihkan kulit, membantu regenerasi kulit, mencegah pigmentasi, melindungi kulit dari efek radikal bebas sinar UV, dan segudang manfaat lainnya.

Perawatan kulit menggunakan susu dan madu dapat anda lakukan dengan membuat masker seperti berikut ini:

  • Sediakan susu murni secukupnya
  • Panaskan susu pada suhu 100 derajat celcius untuk membunuh bakteri dan kuman
  • Dinginkan susu, lalu tambahkan madu asli
  • Aduk hingga rata, lalu oleskan pada wajah
  • Cuci wajah dengan air dingin (air dingin sangat baik untuk menutup kembali pori-pori)
  • Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Mencerahkan Wajah dengan Yogurt

Yogurt merupakan minuman hasil permentasi susu menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Dua bakteri tersebut bekerja menguraikan laktosa (gula susu) menjadi asam laktat.

Sama halnya dengan susu sebagai bahan dasarnya, yogurt juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk merawat kulit. Yogurt mengandung kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12 yang membantu meremajakan kulit.

Jika anda tertarik untuk memutihkan wajah dengan yogurt, anda bisa menggunakan yogurt sebagai masker. Caranya, campurkan ½ gelas yogurt asli (tanpa rasa) dengan 1 sdm madu asli, aduk hingga rata. Bersihkan terlebih dahulu wajah anda, lalu oleskan masker yogurt pada wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

Cara memutihkan wajah dengan Kopi dan Gula

Kopi terkenal dengan kandung kafein yang cukup tinggi. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, menggunakan scrub kopi sebagai masker merupakan salah satu cara terbaik untuk memutihkan kulit wajah.

Untuk hasil terbaik, penambahan gula pasir pada masker kopi sangat dianjurkan. Diman gula sedniri memiliki manfaat untuk mencerahkan dan meremajakan kulit.

Untuk membuat masker wajah dari campuran scrub kopi dan gula pasir, anda dapat melakukanya dengan cara sebagai berikut:

  • Sediakn bubuk kopi asli (scrub) secukupnya
  • Campurkan bubuk kopi dengan 2 sdm gula pasir
  • Tambahkan air secukupnya, lalu aduk merata
  • Usapkan masker yang telah siap pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dulu
  • Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan sisa masker dengan air hangat

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Putih Telur

Flek hitam pada kulit wajah memang cukup sulit untuk dihilangkan. Namun jangan khawatir, karena ternyata putih telur mampu mengurangi bahkan menghilangkan flek hitam di wajah. Untuk menghilangkan flek hitam dengan cepat, cara sebagai berikut:

  • Ambilah sebuah telur ayam kampung
  • Pisahkan putih dan kuning telur
  • Aduk putih telur dalam mangkuk hingga mengmbang
  • Cuci terlebih dahulu wajah dengan air bersih
  • Oleskan putih telur pada bagian flek hitam di wajah
  • Tunggu hingga 30 menit, lalu bersihkan dengan air

Nah, itulah cara memutihkan wajah secara alami yang dapat anda lakukan di rumah. Perlu diingat, tingkat keberhasilan dari semua perawatan yang telah dijelaskan tersebut sangat tergantung pada jenis kulit dan permasalahan lain yang terjadi pada kulit anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *